Pengalaman Buka Rekening di BSM

Buat kalian yang masih bingung gimana cara buka rekening ATM di BSM, berikut aku kasih tahu cara membuka rekening tabungan di BSM sesuai pengalaman aku.

Sebelum masuk ke inti dari tulisan ini, aku mau kasih tahu kalian beberapa program dan ketentuan dari Bank Syariah Mandiri yang aku dapat dari web resmi BSM (http://syariahmandiri.co.id) dan aku match dengan penjelasan dari si mba-mba CS yang aku inget.

tarif-bsm

  • Setoran awal minimal tabungan BSM Rp. 50.000,- (untuk tabungan BSM) dan Rp. 80.000,- (untuk tabungan BSM simpatik)
  • Berdasarkan prinsip syariah dengan akad mudharabah muthlaqah
  • Bagi hasil yang kompetitif
  • Online di seluruh outlet BSM
  • Fasilitas BSM Card yang berfungsi sebagai kartu ATM & debit dan kartu potongan harga di merchant yang telah bekerjasama dengan BSM
  • Fasilitas e-Banking, yaitu BSM Mobile Banking & BSM Net Banking
  • Minimum setoran awal: Rp80.000 (perorangan) dan Rp1.000.000 (non-perorangan)
  • Minimum setoran berikutnya: Rp10.000
  • Saldo minimum: Rp50.000
  • Biaya tutup rekening: Rp 20.000
  • Biaya administrasi Rp7.000
  • Biaya ganti kartu rusak/hilang Rp. 15.000
  • Biaya reissue PIN BSM Card Rp. 5.000

*) kamu juga bisa mengecek letak mesin ATM maupun kantor cabang BSM di website official tersebut.

 

Kenapa memilih bank syariah dan BSM?

Niatan awal aku membuka rekening ini ada semenjak aku buka bisnis online, Rava Olshop, dan akupun akhirnya mencoba BSM karena tertarik dengan jumlah minimal nabungnya yang bisa mulai dari Rp.10.000,- (ya walau aku nggak mungkin capek-capek ke bank demi nabung Rp. 10.000,-) :v

Aku memilih syariah selain karena aku takut riba (kalau pake bank konvensional), bank syariah juga memiliki potongan yang lebih sedikit ketimbang bank konvensional. Entah, aku merasa aman aja dan menurutku, bank ini sudah mencukupi kebutuhan pemakaian aku untuk transaksi sehari-hari.

 

Apa aja yang harus dibawa?

Nggak jauh beda dengan persyaratan membuka rekening di bank lainnya, di BSM hal yang perlu kamu siapin adalah uang cash minimal Rp. 100.000,- (untuk biaya buku tabungan, atm, dan administrasi Rp. 50.000,- (tabungan BSM) /Rp.80.000,- (BSM Simpatik) dan saldo endapan di ATM Rp. 50.000,-), fotocopy e-KTP, dan NPWP.

By the way, waktu itu aku buat tabungan BSM yang setoran awalnya sebesar Rp. 50.000,-. Aku pake NPWP mama (karena belum punya NPWP) dan karena e-KTP ku masih dalam proses pembuatan, sebagai gantinya aku pake surat keterangan dari kecamatan yang isinya menerangkan bahwa aku sudah terekam sebagai WNI dan bisa memenuhi syarat untuk membuka rekening sendiri. Contoh surat keterangannya seperti ini…

whatsapp-image-2016-12-19-at-2-06-11-pm
beberapa info disensor, hehe..

Setelah semuanya siap, kamu bisa mulai pergi ke BSM cabang terdekat. Waktu itu sih aku buatnya di salah satu BSM cabang bogor di Padjajaran

 

 

Bagaimana saat disana?

  • Saat pertama kalian memasuki BSM, kalian akan menemukan satpam yang biasanya membukakan pintu dengan ramah. Disana kamu bisa menerangkan bahwa kamu ingin membuka tabungan, lalu meminta nomor antrian.
  • Duduklah dan tunggu sampai nomor antrianmu dipanggil. Nanti sebuah sistem komputer akan memanggil nomor antrian dan memberitahu kamu counter no berapa yang harus kamu tuju.
  • Setelah itu, biasanya aka nada costumer service yang dengan ramah menanyakan maksud dan tujuan kamu. Kamu tinggal bilang bahwa kamu ingin membuka rekening tabungan di BSM. Berilah persyaratan yang tadi sudah disiapkan (e-KTP dan NPWP), nanti CS akan memfotocopykannya untuk kamu (bila e-KTP dan NPWPnya belum difotokopi).
  • CS juga akan menanyakan beberapa pilihan tentang tabungan seperti apa yang ingin kamu buat. Kalau aku dulu bilang untuk tabungan pribadi sehari-hari (karena memang butuhnya begitu). Nanti si CS akan menpresentasikan dengan tampilan powerpoint mengenai sistem tabungan yang ingin kamu buat.
  • Sesudah CS menjelaskan dan memastikan kamu paham dengan penjelasannya, kamu akan diberi beberapa lembar form yang berisi data diri juga syarat ketentuan yang harus kamu tanda tangani. Pastikan kamu mengisinya dengan benar dan sesuai dengan data di KTP kamu.
  • Setelah selesai, CS biasanya akan menanyakan berapa nominal yang ingin kamu tabung. Berilah uang cash minimal Rp. 100.000,- untuk biaya ATM, buku tabungan, dan administrasi (Rp. 50.000,-) dan untuk endapan saldo ATM minimal Rp. 50.000,-
  • Ini belum selesai. Ketika presentasi, CS juga akan menjelaskan mengenai internet banking, mobile banking, dan sms banking. Dia akan menanyakan apakah kamu ingin mengaktifkan sistem tersebut, dan menurutku, aktifkan saja semuanya karena di era global yang apa-apa bisa serba online ini, penting buat bisa bertransaksi via mobile. Kamu bisa minta si CS mengaktivasi semua sistem itu. Gratis. Si CS juga akan menjelaskan bagaimana cara pemakaian kode aktivasi, kode tan, dsb. Dan akan membimbing kamu sampai kamu mengerti cara menggunakannya.
  • Oke, hampir selesai. Si CS akan memberimu kartu ATM, buku tabungan, dan struk yang nanti akan ia kasih pada teller untuk aktivasi pin.
  • Kamu tinggal tunggu panggilan dari teller. Setelah dipanggil, kamu tinggal mengikuti arahan teller untuk mengubah pin standar yang dibuat sistem bank, menjadi pin baru buatan kamu sendiri.
  • Akhirnya kamu punya rekening atas nama kamu sendiri.

 

Itu dia cara membuka rekening tabungan BSM berdasarkan pengalaman pribadi aku. Basicly, cara buka rekening setiap bank hampir sama sih. Dan buat kalian yang non islam, nggak perlu sungkan buka rekening dari bank syariah, karena bank-bank syariah, termasuk BSM, hanya menerapkan prinsip syariah (sistem yang diajarkan Al-Qur’an dan Al-hadits) untuk menjalankan perusahaannya, sementara nasabahnya bisa dari kalangan non-islam, seperti Kristen, Katolik, Budha, dll. Nanti akan ada pilihan agama yang bisa kamu centang, sesuai dengan agamamu.

Oiya. Yang aku unik, BSM ini ada fitur dimana disetiap akhir transaksi di mesin ATM BSM, selalu ada notif apakah kita ingin infaq sebesar (kalau nggak salah inget) Rp. 1000,- atau tidak. Ada juga sistem bagi hasil yang setiap bulan bisa kita terima, namun setiap bulan BSM ini masih ada potongan sebesar …. . Namun itu bukan masalah buatku, ketimbang harus menabung di bank konvensional yang biaya potongan per bulannya jauh lebih mahal.

Aku sih terhitung baru menjadi nasabah di BSM ini. Aku baca beberapa review dari nasabah BSM katanya fitur e-banking dan mesin ATM bank ini paling jarang atau hampir nggak pernah error. Tapi aku nggak bisa mempertanggung-jawabkan itu karena aku masih baru kan, hehe. So far, selama ini aku pake BSM dan nggak ada masalah sih.

Setiap bank kan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Yang paling penting, sebagai konsumen, kita bisa memilih mana pilihan yang paling menguntungkan, halal (untuk orang islam), dan sudah sesuai dengan kebutuhan kita.

 

Buat kalian yang seneng sama tulisanku, bisa follow blog ini untuk mengetahui postingan-postingan terbaru. Kalau punya blog pribadi juga boleh di cantumin, kalau ada waktu nanti aku akan berkunjung 😉

Semoga bermanfaat ya ^^

Leave a Reply

