Cara Meresize Gambar tanpa Merubah Dimensi untuk di Upload

Dulu, Rasiva sempet bingung, kenapa gambar-gambar diinternet punya size yang lebih rendah (paling cuma berapa kilobyte), sedangkan gambar-gambar Rasiva (hasil jepret dan desain sendiri) bisa lebih dari 1 megabyte?

Ditambah lagi, yang paling bikin Rasiva bingung adalah kenapa gambar dengan dimensi (pixel) yang besar (bisa lebih dari 1000 pixel) dan kualitasnya bagus, sizenya bisa cuma sekian ratus atau bahkan sekian puluh kilobyte???

wtf-is-this-wtf-is-that-cat-reaction-gif

Klasik sih.. ternyata jawabannya adalah… memang ada suatu cara untuk meresize atau mengkompres suatu foto tanpa mengurangi kualitas gambarnya. (ini kayaknya emang Rasiva yang norak atau baru tau deh XD hehe)

weirdo-cat-has-very-human-e

Dalam dunia blogging atau website, meng-kompres foto mungkin adalah salah satu hal wajib, apalagi buat yang sering upload gambar (like me), karena setiap gambar yang kita upload akan mempengaruhi kecepatan loading di website atau blog.

Tentu kita pasti nggak mau dong visitors keburu kering garara nunggu loading doang?? *syukur-syukur kalo akhirnya nggak close tab :v

Sebelum berbagi cara meng-kompres foto tanpa mengurangi kualitas gambar, Rasiva mau sedikit memaparkan…

5 Manfaat me-resize gambar

  1. Menghemat space di memory atau hard disk.
  2. Menghemat kuota data pada saat upload.
  3. Membuat gambar lebih cepat terbuka, baik di komputer kita maupun di media online yang terpasang gambar hasil kompressnya.
  4. Membuat suatu website atau blog nggak down atau lola, alias loading lama (kalau gambarnya diupload di web atau blog).
  5. Menghemat kuota data, apabila ada yang mau download gambar kita.

 

Oke, jadi kebayang kan? Kenapa banyak instansi yang suruh upload dengan size maksimal tertentu, atau kenapa blogger harus ngerti gimana cara mengkompres foto?

Kalau udah kebayang, silahkan lanjut membaca dan mempraktikan, ini dia tutorial meresize foto tanpa mengurangi kualitas gambar yang sering aku lakukan untuk mengkompres foto…

Ada dua cara mengkompress foto, yaitu secara online maupun offline

Secara Online

Untuk mengkompres secara online, aku pake , karena ringan dan superrrr simpleeee… gaperlu bikin akun, kamu bisa mengkompres banyak foto sekaligus dan ini sangat membantu kamu dalam dunia digital marketing maupun blogging.

Oke berikut step by step nya…

1.  Pertama, buka http://compressjpeg.com

1
Disini kamu bisa mengupload satu foto maupun banyak foto dengan cara klik “Upload Files” atau drag and drop dari folder PC kamu langsung.


 

2. Setelah itu, foto-foto yang kamu upload akan otomatis terkompress, supaya size nya bisa sekecil mungkin, namun kualitasnya tetap sama.

2
Kamu bisa langsung klik download All untuk mendownload semua uploadan foto yang akan kamu kompres.

So totally easy… sebenernya tahapannya udah selesai. Cuma kalau kamu masih kepo pengen utak-atik kualitas foto itu lagi, kamu bisa klik salah satu foto, dan interface-nya akan terlihat seperti ini….

3
Keliatan kan.. size original sebelum diupload adalah 64 kb, setelah dikompres jadi 37 kb (Hemat 23 kb bo!!! Lumayan kan hehe). Itu kualitasnya masih 90%. Kamu masih bisa turunin lagi biar lebih hemat dan lihat sendiri hasilnya bakal jadi kek gimana.

 

Secara Offline

Kalau kamu lagi nggak mau online, males ngelewatin proses upload dan download, seperti cara diatas. Kamu juga bisa mengkompres foto secara offline. Caranya dengan memakai tools Photoshop.

Udah nggak asing lagi kan dengan software yang satu ini? untuk serinya sendiri. Karena sebenernya nggak jago-jago amat main photoshop, Rasiva download Photoshop CS 2.

Review sekilas, untuk edit-edit standar ala photoshop, software ini sangat ringan dan cukup simple. Kamu bisa download softwarenya DISINI.

Oke, untuk langkah-langkahnya..

1.  Pertama, buka software photoshop yang kamu punya. Disini Rasiva pake Photoshop CS 2.
1

2. Open image yang mau kamu kompres. Atau kamu bisa langsung drag and drop dari folder PC kamu.
2

3. Klik menu file, lalu klik “Save for Web”
3

4.  Disini kamu bisa atur berapa persennya kualitas gambar dan size yang mau kamu perkecil. Kalau sudah pas, tinggal klik save, namain terus save di folder yang diinginkan.
4

Last, Rasiva mau kasih tau perbandingan kelebihan dan kekurangan yang Rasiva rasakan terhadap dua cara itu

Kelebihan
Compress JPG: Lebih praktis untuk mengkompres banyak foto sekaligus.
Photoshop:
Nggak harus makan kuota untuk upload dan download, bisa kompres dari format foto apa aja, hasil langsung berbentuk foto jpg

Kekurangan
Compress JPG:
Harus ngeluarin kuota untuk upload dan download, cuma bisa kompres foto jpg, harus di ekstrak dari zip ke jpg dulu.
Photoshop:
Kurang praktis untuk mengkompres banyak foto sekaligus.

Oke, jadi itu dia cara aku meresize gambar tanpa merubah resolusinya. Aku sih tetap pake dua-duanya. Mungkin kalau kalian punya cara yang lebih praktis, bisa komen dibawah ya, hehe~

See ya on next article.. semoga bermanfaat ^^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s