My College Story #1: Semester 1 Manajemen Pemasaran di Kesatuan. Belajar apa aja?

Assalamu’alaikum temen-temen..

Jadi, 6 bulan kurang yang lalu, Alhamdulillah, Rasiva baru aja resmi jadi mahasiswa baru di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan Bogor. Di jurusan yang gua minati, yaitu marketing.

Sedikit cerita. Dulu, gua sempet kepengen banget masuk Marketing Communication-nya Binus University. Namun sayang, belum dapet restu orangtua. Kenapa?

Rasanya mungkin bakal ribet kalo kuliah diluar Bogor. Butuh biaya dan effort yang nggak sedikit, apalagi tau sendiri biaya kuliah di Binus nggak main-main :v *they’re up*

Tapi, mungkin emang udah jalannya kali ya. Pas tau kalo di Bogor ada sekolah tinggi ekonomi dengan prodi Marketing Management (bukan generally management, seperti yang lain) gua sangat tertarik sampai akhirnya memilih STIE Kesatuan program studi S1.

Jujur, gua awalnya agak gimana gitu kuliah deket rumah (sok pengen jadi anak rantau). Karena nggak pede dengan kampus dari kota sendiri, gitu. Tapi setelah gua tau Kesatuan, I think it’s pretty good. Banyak hal yang gua syukuri dari kampus ini.

 

Slogan “Belajar, Gaul, dan Cepat Kerja” jadi salah satu yang membuat gua ngerasa kampus ini unik. Karena, gua jarang liat univ atau sekolah tinggi punya slogan se-beken itu *atau mungkin gua yang selama ini nggak pernah tau, hehe*

Tentu aja, seperti slogan itu, gua merasa ngampus di Kesatuan begitu enjoy dan alumninya banyak yang cepet kerja.

Kesatuan punya CDC (Career Development Center). Ya, semacam divisi khusus yang ngurusin anak-anak semester tua yang akan lulus dan bekerja nanti, dari improvement soft skill dan lain sebagainya, hingga mereka bisa cepet dapet kerja.

 

Kayaknya akan panjang banget kalau harus jelasin apa aja yang bakal didapet saat kuliah di Kesatuan, buat kalian yang tertarik untuk tahu lebih lanjut, boleh kepoin websitenya di…

http://stiekesatuan.ac.id

 

Yap, jadi selama semester 1 ini, matkul yang gua pelajari masih mata kuliah dasar. So far, gua sangat sangat enjoy, dan nggak ada satupun yang jadi “beban”. *Ya walaupun yag namanya mahasiswa nggak luput dari tugas yang banyak*

For disclaimer, maaf untuk pihak-pihak yang Rasiva sebut disini, apabila ada salah-salah kata. Karena, Rasiva cuma manusia *haha*. Rasiva cuma mau sharing pengalaman satu semester ini dengan sejujurnya, hehe.

Berikut ini adalah recap perkuliahan gua selama semester 1, dan apa aja mata kuliah yang gua pelajari di manajemen pemasaran S1 STIE Kesatuan…

 

SENIN:

FYI, setiap senin, anak kesatuan dihimbau untuk memakai batik bebas. Gua cukup bersyukur, karena itu bisa mempersingkat gua untuk mikir mau pake baju apa hari ini :’v dan gua pun respect, pihak kampus udah berniat baik untuk melestarikan kebudayaan Indonesia.

 

  1. Pendidikan Agama Islam

Ini adalah matkul dimana gua dipisahkan dengan temen-temen kelas gua yang non-is (yaiya atuh :’v). Yap, jadi mereka yang bukan islam, punya jadwalnya sendiri terhadap mata kuliah keagamaan. Ada pendidikan agama Budha, Kristen Katholik, Kristen Protestan, Khonghucu, dan Islam sendiri.

Di mata kuliah PAI, semua mahasiswi dihimbau untuk memakai kerudung. Menurut gua, pak Sofyan, selaku dosen PAI, cukup concern dengan pengalaman berhijab mahasiswi, karena beliau suka nanya, bahkan mungkin nyatet, udah dari kapan kita pakai kerudung (nggak tau si bakal masuk nilai atau nggak).

Berikut ini materi-materi yang gua pelajari tentang PAI…

Nggak ada tugas yang begitu berat si. Paling di semester ini gua punya kelompok PAI yang terdiri dari 3 orang (termasuk Rasiva). Kelompok ini yang menemani kuliah PAI gua selama satu semester (dari presentasi, tanya-jawab, sampai kuis).

Honestly, kami nggak begitu banyak ketemu tatap muka untuk bahas soal kuliah. Kita cuma ngomongin dan bagi-bagi tugas via whatsapp group dan kerjain aja (yeah, welcome to campus life)

 

SELASA:

  1. Pengantar Akuntansi

Di semester 1 ini gua belajar soal dasar akuntansi, akuntansi perusahaan jasa, dan perusahaan dagang. Entah kenapa, akuntansi ini menjadi momok buat temen-temen gua. Mungkin karena banyak rumus yang harus dimengerti, jadi agak puyeng. Tapi, bukan berarti yang kayak mission impossible gitu, lho. *malah banyak temen2 yg berjuang buat bisa dalam matkul ini*

Temen gua aja ada yang UTS nya dapet 100. It’s prove it’s not too hard. Dan gua percaya banyak yang nilainya bagus, apalagi yg anak akun :v (yaiya atuh wkwk)

Nilai gua sendiri Alhamdulillah nggak ada masalah. Angkanya gausah disebut, kan? Takut sombong wkwk

Gua nggak merasa pinter, sih. Jujur, gua sendiri keteteran sama matkul ini, karena awalnya kalo ada yang nggak ngerti, gua suka takut nanya sama dosennya –yang cukup jutek–, wkwk *jangan ditiru*

Tapi Alhamdulillah-nya, Kesatuan punya club accounting a.k.a Kesatuan Accounting Club (KAC), basicly, gua merasa itu menjadi tempat gua kursus dan bebas bertanya. Ya, jadi kalo ada pelajaran akun yang bikin gua bingung, gua lebih memilih nanya sama kating-kating KAC, dibanding dosen sendiri, wkwk (peace ya bu :’v).

Materi yang gua pelajari dalam matkul ini adalah sebagai berikut…

wp-1519868221190483326734.jpg

 

  1. Manajemen Bisnis

Sebenernya ini salah satu matkul yang gua suka, karena tentu saja, bisa belajar soal bisnis. Materi yang dipelajari juga basic dan asique (menurut gua)

Adapun materi-materi textbook diantaranya;

  1. Pengertian dan Ruang Lingkup Bisnis
  2. Ekonomi dan Bisnis
  3. Bentuk Pemilikan Bisnis
  4. Bentuk Bisnis Kecil dan Pemilihan Tempat Kediaman
  5. Organisasi Intern
  6. Manajemen dan Eksekutif
  7. Administrasi Kantor
  8. Riset dan Statistik dalam Bisnis
  9. Tanggung Jawab Sosial dari Bisnis
  10. Human Resources Management (Manajemen SDM)
  11. Kompensasi dan Teori Upah
  12. Manajemen Produksi
  13. Manajemen Pembelanjaan
  14. Akunting
  15. Manajemen Pemasaran
  16. Budaya Perusahaan (Corporate Culture)
  17. Hukum Bisnis

*) keliatannya banyak, tapi yang di UTS dan UAS in cuma beberapa ‘-‘ entah kenapa.

Cuma… sorry to say, gua kurang respect sama dosennya ‘-‘) *maap maap nih* sebenernya doi baik banget si. Bener deh. Suka doain sukses, tiap saliman. Suka cerita soal bisnis (perusahaan-perusahaan) dan kasih tips kadang-kadang. Cuma emang cara ngajarnya aja yang kurang suka.

Setiap kuliah, cuma duduk dikursinya, dan jelasin dengan intonasi yang kurang jelas. (yah mungkin memang seperti itu momok seorang dosen).

Mungkin cuma ekspektasi ini aja yang terlalu tinggi. Mengharapkan yang lebih berjiwa entrepreneur selaku dosen bisnis *tsahh :v*. Tapiiiii….

Seenggaknya gua masih bisa belajar atau baca-baca sendiri, kan. Dan gua bersyukur beliau orang baik, hampir nggak pernah ngambek, walaupun mahasiswanya suka tidur atau main hp ngumpet-ngumpet :’v. Alhamdulillah, beliau nggak suka menyulitkan nilai dan ujian mahasiswanya, lho. *that’s a good point*

 

RABU:

Tiap hari Rabu sebenernya orang-orang pada pake baju jurusan. Tapi, karena masih semester 1, Jadi, pada belum dapet. Nanti dapetnya pas semester 2.

  1. Pancasila dan Kewarganegaraan

Kayaknya emang udah dari SMP gua nggak suka / males sama pelajaran PKN :v jadi sampe sekarang, pelajaran ini agak lemot gua ngertinya. Ya… mungkin gua belum ngerti basic nya ya.. sistem pemerintahan Indonesia susunannya gimana aja gua belum tau, wkwk *jangan ditiru*

Untuk selamet di matkul ini, yang dibutuhkan emang banyak-banyak baca dan pake logika. Karena, semua soalnya nalar banget. Nggak ada yang textbook. (sekalipun itu open book).

Terkadang juga harus baca berita terkini juga biar wawasannya luas. Karena pertanyaan disitu suka disuruh kasih contoh nyatanya gitu. (kayaknya emang daridulu PKN kayak gitu ya, wkwk)

Eh, tapi beda deh, ini mah “Pancasila dan Kewarganegaraan” (gatau si apa bedanya wkwk) pokoknya, dalam matkul ini, gua belajar soal filsafat, politik, ketahanan negara, wawasan nusantara, ideologi, dan lain-lain.

 

  1. Matematika Bisnis & Keuangan

Sebelumnya gua mau mengapresiasi pak Andi, yang kalau bikin bahan materi, sangat basic dan nggak berbelit. Gua juga suka dengan pemikiran beliau yang open minded dan berwawasan. Walaupun, beliau nggak suka denger ada yang berisik, termasuk HP yang belum di silent :v

Tapi disisi lain, karena beliau terkadang punya kesibukan lain, beliau jadi suka absen mengajar dikelas. Dan hellow, apalagi ini matematika. Udah pasti, anak-anak suka kurang mudeng sama matkul ini.

Yang gua pelajari belakangan ini adalah penerapan dari fungsi, yaitu teori permintaan, penawaran, pajak, dan subsidi. Terus penerapan dari barisan dan deret aritmatika dan geometri, yaitu tentang bunga dan anuitas.

 

  1. Pendidikan Karakter [MOST FAVOURITE!]

Dari namanya aja gua udah super excited, gitu. “Wuihh.. pendidikan karakter” benak gue. Dan gua pas menjalani kuliah itu juga bener aja. Gua yang introvert ini, seketika menjadi anak aktif, yang gemar bertanya ini itu.

Ya.. abis gimana ya.. selain dosennya asik, materi yang diajarinnya juga menurut gua interesting banget, apalagi untuk seorang Rasiva.

Disini tentu kami belajar tentang nilai-nilai pendidikan karakter, seperti cinta tanah air, perilaku terpuji menurut agama, perilaku asertif, IQ, EQ, SQ, teori generasi, dan masih banyak lagi, yang menurut gua sangat exciting.

Apalagi yang bikin menantang di semester 1 ini, gua bersama kelompok ditugaskan melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata). Boom.

Nggak tanggung-tanggung, gua disini jadi ketua kelompok sekaligus acara ‘-‘) *Bayangkan anak introvert ini*

Banyak suka duka dari tugas ini. Dari masalah internal sampe eksternal. Tapi, ini ngingetin gua lagi dengan masa-masa waktu masih di organisasi SMA. Ketika diberi kesempatan untuk memegang tanggung jawab untuk memimpin dan mengurus suatu event. Wooh.

Tapi akhirnya semua berjalan dengan indah dan menyenangkan. Rasanya puas bisa menyelesaikan tantangan ini. Banyak pelajaran yang bisa diambil. Cuma dari sebuah tugas. But I’m really enjoy it.

 

rasivanadila24.wordpress.com
ceritanya gue lagi bawain materi pendidikan karakter buat dedek kelas 6
Games dan foto bareng2 anak sdn dewi sartika 3

 

 

KAMIS:

  1. Bahasa Inggris I [MOST FAVOURITE!!!]

Disemester satu ini, ada matkul “Bahasa Inggris I”, yang mana lebih membahas tentang bahasa inggris spesifik bisnis dan pemasaran untuk semester satu.

Secara subjektif dan objektif, gua seneng banget belajar bahasa Inggris di Kesatuan. Subjektifnya, gua emang seneng belajar bahasa inggris :v objektifnya, dosen matkul bahasa inggris semester satu ini punya kualitas mengajar yang sangat baik, menurut gua.

Gua sangat seneng sama cara ma’am Morita mengajar dikelas. Bagaimana dia mempermudah apa yang ada dalam textbook dan mengajarkan kita konsep dasar dari suatu materi, khususnya grammar.

Menurut gua, beliau sangat sangat professional dalam mengajar. Dateng on time, mengajar dengan intonasi yang jelas dan mudah dimengerti (walau kadang pake bahasa inggris), tapi entah kenapa aksen inggris beliau masih mudah dimengerti. Hal yang paling gua kagumi dari maam Morita adalah… beliau selalu bisa mengarjarkan hal baru pada gua… (biasanya bersifat sastra) yang selama ini gua belum ketahui, padahal sebenernya secara general gua udah tau materi grammar itu. Jadi lebih mind blowing, gitu. *mungkin memang seperti itu seharusnya seorang dosen*

Sebenernya, pelajaran semester satu ini nggak jauh-jauh dari apa yang udah kita pelajari sebelumnya dibangku sekolah. Kayak tenses (simple present, simple past, continuous, dll), passive voice, gerunds and infinitives, conditional sentences, reported speech, dan relative clause. Tapi, ada juga beberapa grammar yang baru gua pelajari di semester satu ini, seperti question tags, articles (some, an, any, a, the), dan participial adjectives.

Tapi serunya lagi, semua grammar-grammar itu merupakan sub materi dari materi utamanya, yang nggak lain soal bisnis. Berikut ini daftar isi matkulnya…

wp-15198298132111725683718.jpg

Yap, jadi utamanya tuh, kita belajar soal bisnis (bahas teks), tapi kita identifikasi lagi, teks itu pake grammar dan vocabulary apa, which is seperti yang gua sebutin sebelumnya. Seruuu…

 

  1. Lab Pengantar Akuntansi

Untuk lab pengantar akuntasi ini kelas gua diajar sama dua orang asisten dosen, karena kebetulan jadwal dosennya bentrok.

Apa yang membedakan lab dengan matkul biasa???

Di lab ini sebenernya gaada beban SKS. Jadi, nggak akan kehitung ke IPS, gitu. Tapi… kita tetep absen seperti biasa, karena kalau absen kita di lab kurang dari 80% juga, kita nggak akan bisa ikutan UAS.

Bedanya lagi dengan matkul biasa, lab ini lebih banyak prakteknya daripada belajarnya. Ya, belajar juga sih. Kayak learning by doing. Jadi, kemampuan kita dalam matkul ini bisa lebih diasah lagi. Dan bayar lab ini beda tarifnya, nggak seperti bayar SKS biasa.

Kalo soal materi, sama aja kayak pengantar akun biasa, Cuma seperti yang gua bilang, beda sistem ngajarnya aja. Atau ya sama aja sih. Kayak belajar akuntansi dua kali. Wkwkwkw…

 

  1. Lab Bahasa Inggris I [MOST FAVOURITE!!!]

This is the last lecture of my weeks. Di lab inggris bersama ma’am Tarida ini, kita seperti belajar sambil bermain. Lebih banyak conversation, dibanding belajar materi.

Jadi kalo matkul ini, biasanya semua bangku disusun melingkar, which is gua jadi bisa lihat muka temen-temen kelas, yang sebelumnya susah untuk dilihat kalau lagi dikelas.

Bagi gua, sebelas dua belas dengan ma’am Morita, maam Tarida ini juga menjadi dosen favorit gua. Karena selain alasan subjektif (gua suka bahasa inggris, tersebut), objektifnya, beliau sangat ramah dan pengertian sama mahasiswa. Bercakap-cakap sama beliau juga enjoy, tapi dilain sisi juga beliau sangat berwibawa.

Menurut gua sih, beliau malah lebih cocok jadi guru SMP atau SMA. Soalnya, pengertiannya parahhhh… nggak seperti dosen yang punya image cuek, pada umumnya. Gua merasa belajar dengan beliau malah seperti sharing bersama temen, ketimbang diajar seorang dosen (sekalipun umur beliau udah nggak lagi muda).

Materi yang diajarkan ma’am Tarida nggak jauh berbeda dari ma’am Morita, cuma beda aplikasinya aja. Kalau kelas lebih ngajarin soal grammar dan business, di lab Inggris ini lebih belajar soal conversation dan public speaking.

 

Ada satu pengalaman yang berkesan dari tugas ma’am Tarida, yaitu waktu kami ditugasin buat bikin video percakapan berbahasa Inggris. Gua sama Bella -temen satu kelompok gua- (dan crew balik layar, yang terimakasih sudah membantu) ke “Waroeng Lobster” di Jalan Semeru buat review makanan disana (biar keliatan anak marketing dikit lah.. wkwkwk)

picsart_03-01-12-747249697.jpgpicsart_03-01-12588873111.jpg

_____

Oke teman-teman.. jadi segitu yang gua pelajari selama semester satu ini. So far, semua matkul nggak ada yang gua gasuka, gua bener-bener nggak ada masalah, walaupun absen pernah bolong, karena satu dan lain hal, yang menyebabkan gua kudu ikut kuliah malem. :’v

Tapi menurut gua, hal yang membuat gua bisa seenjoy ini sama kuliah adalah.. karena gua emang berada di jurusan yang gua mau. Gua suka dan rasanya seperti memang disinilah tempat gua. Tempat yang bisa memenuhi kehausan gua akan ilmu bisnis dan pengembangan diri, serta ketertarikan gua dengan dunia marketing.

Kalo udah suka, setiap pelajaran baru rasanya jadi exciting aja. Dan belajar bukan lagi jadi beban yang menjadi momok bagi pelajar / mahasiswa.

 

Mungkin ini bukan yang terbaik, tapi ini udah lebih dari cukup buat gua merasa nyaman jalanin kuliah. Mobilitas jadi cepat, bisa stay dirumah, kemana-mana gampang, mau reuni sama temen SMA lebih gampang, ketemu keluarga gampang, gausah mikirin makan, waktu lebih banyak, jadi bisa lebih produktif, dan kuliah jadi tantangan yang seru, bukan menjadi suatu hal yang dimalesin.

Gua percaya, nama universitas tidak menentukan masa depan kita. Karena dimanapun kuliahnya, passion dan skill adalah hal utama yang gua harus tempatkan pada jurusan yang tepat. PTN atau PTS bukan jadi masalah, selama gua punya mimpi dan tujuan yang jelas, gua percaya, ada banyak cara untuk sampai ke roma. Impian kita.

 

Oke deh, sampai ketemu lagi ya dengan konten “My College Story”, maaf kalau ada salah-salah kata, dan terimakasih sudah berkunjung ^^ *peace up \v/

rasiva-nadila-1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s